Home > Mobil

Laku di Lelang Rp263 Miliar, Ini Keistimewaan Ferrari 250 GT SWB California Spider

Ferrari 250 GT SWB California Spider Pertama: Langka, Bersejarah, dan Memiliki Mesin Kompetisi
Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Ferrari 250 GT SWB California Spider, mobil ikonik yang pertama kali diproduksi oleh Scaglietti, baru saja terjual dengan harga yang mengejutkan sebesar $17,055 juta atau setara Rp263,69 miliar dalam lelang di Monterey. Harga tinggi ini bukan tanpa alasan. Model Ferrari ini dikenal sebagai salah satu yang paling berharga dan dicari di dunia otomotif.

Dikutip dari Carscoop, Ferrari 250 GT merupakan salah satu model yang paling ikonik dari Ferrari, terkenal dengan kesuksesan balapnya pada tahun 1950-an. Versi California Spider pertama kali diperkenalkan oleh importir California, John von Neumann, yang mengusulkan ide untuk membangun versi droptop dari Ferrari yang bisa digunakan di jalanan setelah balapan. Produksi awal model ini adalah 50 unit 250 GT LWB California Spider.

Kemudian, Ferrari memproduksi versi kedua dari California Spider dengan platform wheelbase lebih pendek, yaitu 2.400 mm, yang dikenal sebagai 250 GT SWB California Spider. Hanya 56 unit yang dibuat, dan unit dengan sasis #1795 GT ini merupakan yang pertama kali diproduksi.

Mobil ini tidak hanya langka karena statusnya sebagai Ferrari 250 GT SWB California Spider pertama. Model ini juga unik karena merupakan salah satu dari tiga unit yang dilengkapi dengan versi kompetisi dari mesin Tipo 168 V12 yang terkenal. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan lampu depan tertutup yang langka, hardtop pabrik, serta Ferrari Classiche Red Book yang memverifikasi keaslian mesin, kotak persneling, dan sistem transmisi.

Menurut RM Sotheby's, mobil ini pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show pada Maret 1960 sebelum dikembalikan ke pabrik dan diserahkan kepada pemilik aslinya. Selama beberapa dekade, mobil ini telah berpindah tangan, termasuk kepada seorang eksekutif senior di Phillip Morris, sebelum ditambahkan ke koleksi penjual terakhir pada tahun 2008.

× Image