Home > Gaya Hidup

Tahukah Anda, Ternyata Fitur Canggih Ini Penting Agar Mobil Tidak Mundur Saat Terhenti di Tanjakan

Fitur Hill Start Assist bantu pengemudi atasi tanjakan dengan aman, terutama bagi pemula.
Dok. Pinterest
Dok. Pinterest

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Mengemudi kendaraan bermotor bagi sebagian orang menjadi suatu yang menyenangkan. Namun, situasi bisa berubah saat menghadapi situasi jalan yang kurang bersahabat. Salah satunya ketika kendaraan harus berhenti di jalan menanjak.

Di sinilah ketrampilan dan jam terbang seorang pengemudi dipertaruhkan. Salah perhitungan atau panik dan lambat mengambil keputusan dapat berakibat fatal. Seperti kendaraan mundur tidak terkendali dan membentur kendaraan lain dibelakangnya.

Namun, jangan khawatir karena pada sejumlah kendaraan modern kini sudah tersedia fasilitas Hill Start Assist (HSA). Fasilitas ini berfungsi membantu menahan bobot mobil saat berada di tanjakan atau sering disebut dengan fitur anti mundur pada jalanan yang naik atau menanjak. Dengan adanya fitur tersebut, mobil akan melakukan deteksi otomatis saat melewati suatu tanjakan kemudian fitur ini akan mendeteksi arah putaran roda, walau sangatlah perlahan atau pelan.

Apabila mobil tidak kuat untuk menaiki tanjakan dan roda mobil berputar mundur atau pengemudi melepaskan injakan pada rem saat berada di sebuah tanjakan, maka mobil akan mengerem otomatis. Ketika Anda kembali menginjak gas lagi, maka mobil akan otomatis melepaskan rem tersebut dan pelepasan rem akan selaras dengan injakan gas yang dilakukan.

Dengan hadirnya fitur canggih ini, tentu para pengendara akan lebih aman, khususnya kaum wanita atau mereka yang baru bisa mengemudikan kendaraan. Kinerja HSA akan sangat terasa saat Anda menggunakan mobil dalam sebuah tanjakan yang macet dan dengan adanya Hill Start Assist, maka pengemudi pemula tidak perlu takut menghadapi tanjakan yang macet.

Fitur HSA juga sangat membantu untuk para pengendara yang memiliki tingkat refleks tinggi saat berkendara. Dengan HSA, maka para pengendara tersebut akan lebih tenang dalam membawa kendaraan dan saat menghadapi jalanan yang naik.

Mobil transmisi manual

Para pengendara mobil manual seringkali merasa panik dan kesulitan saat mobil berhenti di sebuah tanjakan yang macet. Pengendara mobil manual akan kesulitan untuk memindahkan pijakan pedal rem ke pedal gas dan posisi kopling harus tetap ditekan, apabila proses tersebut dilakukan lambat maka mobil akan mundur.

Menggunakan mobil manual tanpa adanya fitur HSA memang sangatlah sulit untuk para pengendara pemula, karena diperlukan adaptasi yang lumayan panjang dan latihan harus dilakukan, agar tetap tenang saat menhadapi suatu jalanan naik.

Fitur ini akan melakukan pengereman otomatis, sehingga mobil tidak akan mundur di sebuah tanjakan. Selain itu, bisa menahan mobil dengan waktu sekitar 5 detik setelah rem dilepaskan. Pada saat rem kembali Anda injak di detik ke 4, maka fitur HSA akan melakukan hitung ulang. Dengan adanya waktu 5 detik pengereman, maka Anda bisa berkendara dengan lebih aman.

Jenis mobil dengan fitur HSA sangat banyak dan standar terbaiknya memang harus diterapkan pada mobil kelas medium ke atas, meskipun mobilnya jenis hatchback. Namun paling banyak dipakai pada mobil jenis SUV atau Crossover, karena jenis mobil tersebut sering dipakai ke berbagai jalan yang menanjak. HSA menjadi sistem safety yang sangat membantu keselamatan dalam berkendara.

Dalam laman resmi Wuling Motors, Cortez yang merupakan salah satu varian Wuling sudah menggunakan fitur HSA. Dengan adanya fitur ini, para pengguna Wuling New Cortez akan semakin aman dan nyaman dalam berkendara. Ini merupakan nilai tambah yang menjadi sangat membantu para penggunanya dalam melewati jalan yang menanjak.

× Image