Home > Bisnis

GIIAS 2024 Berakhir dengan Capaian Positif, Pecahkan Rekor Jumlah Pengunjung dan Peluncuran Kendaraa

GIIAS 2024 menjadi ajang otomotif terbesar dengan luasan lahan, jumlah peserta, dan peluncuran kendaraan terbanyak sepanjang sejarah GIIAS
Dok. GIIAS 2024
Dok. GIIAS 2024

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang dihelat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) resmi ditutup pada Minggu, 28 Juli 2024.

Pameran yang berlangsung selama 11 hari ini mencatatkan berbagai capaian positif, menjadikannya salah satu penyelenggaraan GIIAS paling sukses sepanjang sejarah.

Pameran kali ini menggunakan lahan seluas 120.000 meter persegi, yang tersebar di 11 hall, dan diikuti oleh lebih dari 55 merek kendaraan penumpang, kendaraan komersial, serta sepeda motor.

Selain itu, lebih dari 120 merek dari industri pendukung otomotif turut berpartisipasi, menunjukkan skala besar dan dampak industri ini.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyatakan bahwa pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi GAIKINDO, yang terus berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat tentang perkembangan industri otomotif di Indonesia.

“Angka total peluncuran pada GIIAS 2024 ini adalah terbesar sepanjang penyelenggaraan GIIAS,” ujarnya.

Pembukaan resmi GIIAS 2024 dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada 18 Juli 2024. Sepanjang acara, GIIAS juga dikunjungi oleh sejumlah petinggi negara, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, serta Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Selama pameran, total 68 kendaraan baru, termasuk satu world premiere, diluncurkan. Selain itu, lima model sepeda motor dengan teknologi terbaru juga diperkenalkan. GIIAS 2024 juga menghadirkan dua seminar harian yang membahas isu-isu penting, seperti “Peluang & Tantangan Implementasi Bioetanol di Indonesia” dan “Upaya Indonesia Menjadi Pelaku Utama Industri Otomotif di ASEAN”. Antusiasme terhadap isu-isu ini sangat tinggi, dengan lebih dari 700 peserta menghadiri acara tersebut.

Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara Pameran, mengungkapkan bahwa antusiasme pengunjung sangat luar biasa.

“Semangat positif yang ditunjukkan para peserta GIIAS 2024 menjadi magnet luar biasa bagi para pengunjung,” katanya.

Rekor jumlah pengunjung berhasil dipecahkan, dengan total 475.084 orang hadir sepanjang pameran, melampaui rekor sebelumnya yang dicatat pada tahun 2019.

Selain itu, program test drive juga menjadi daya tarik utama, dengan lebih dari 18 ribu trip mobil dan 6 ribu trip sepeda motor berlangsung selama pameran. GIIAS 2024 tidak hanya sukses dari sisi penyelenggaraan, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi perkembangan industri otomotif Indonesia.

Setelah sukses di Jakarta, GIIAS 2024 akan berlanjut di tiga kota lainnya: Surabaya, Bandung, dan Semarang, sebagai bagian dari rangkaian pameran otomotif terbesar di Indonesia ini.

× Image