Home > Mobil

Max Verstappen Kembali Rebut Podium di Grand Prix Kanada 2024

Verstappen Juarai GP Kanada 2024, Norris kedua, Russell ketiga, Hanya 15 mobil finis.
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, MONTREAL -- Max Verstappen dan tim Red Bull berhasil kembali ke jalur kemenangan di Grand Prix Kanada 2024 setelah mengalami kesulitan di Monaco. Dalam balapan penuh aksi di Sirkuit Gilles Villeneuve, Verstappen berhasil mengatasi hujan lebat, beberapa periode Safety Car, dan tantangan dari para pembalap lainnya untuk akhirnya meraih kemenangan.

Balapan dimulai dengan Verstappen yang mengikuti George Russell dari Mercedes yang memimpin di awal balapan basah. Lando Norris dari McLaren kemudian mengambil alih posisi terdepan setelah kondisi cuaca membaik. Namun, Safety Car yang dikeluarkan setelah insiden Logan Sargeant membuat Norris turun ke posisi ketiga.

Verstappen berhasil mengatasi restart dan mempertahankan posisinya meskipun trek mengering dan lapangan beralih dari ban intermediat ke ban slick. Ia juga berhasil menjaga keunggulannya saat Safety Car kedua keluar setelah tabrakan antara Carlos Sainz dan Alex Albon. Akhirnya, Verstappen melaju menuju garis finis, meninggalkan Norris di posisi kedua dan Russell di posisi ketiga.

Dok. F1
Dok. F1

Norris berhasil menempati posisi kedua setelah pertarungan sengit dengan Russell di pertengahan balapan. Russell sendiri harus bersaing ketat dengan rekan setimnya, Lewis Hamilton, dan Oscar Piastri dari McLaren. Hamilton akhirnya finis di posisi keempat, diikuti oleh Piastri di posisi kelima.

Fernando Alonso dan Lance Stroll berhasil mengumpulkan poin untuk Aston Martin dengan finis di posisi keenam dan ketujuh. Daniel Ricciardo melanjutkan performa kualifikasinya yang kuat dan finis di posisi kedelapan, meraih poin Grand Prix pertamanya musim ini. Alpine juga meraih hasil yang bagus dengan Pierre Gasly dan Esteban Ocon yang finis di posisi sembilan dan sepuluh.

Balapan ini menjadi salah satu yang paling dramatis musim ini dengan hanya 15 dari 20 mobil yang berhasil finis. Ferrari mengalami kesulitan besar dengan Charles Leclerc yang harus pensiun karena masalah unit tenaga, dan Sainz yang keluar setelah tabrakan dengan Albon. Haas yang memilih strategi ban basah di awal balapan juga tidak berhasil mendapatkan poin dengan Nico Hulkenberg dan Kevin Magnussen finis di posisi 11 dan 12.

Verstappen memperlebar keunggulannya di klasemen kejuaraan dari 31 poin menjadi 56 poin, memanfaatkan sepenuhnya kesulitan yang dialami Leclerc dan Ferrari. Verstappen mengungkapkan kegembiraannya setelah balapan yang menegangkan dan mengaku menikmati tantangan di kondisi cuaca yang berubah-ubah ini.

× Image