Home > Motor

Motor Lotus C-01 Dilelang, Cuma 100 Unit di Dunia

Lotus C-01, motor langka, akan dilelang oleh RM Sotheby's dengan harga fantastis.
Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, KANADA -- Motor Lotus C-01 yang sangat langka ini akan dilelang oleh RM Sotheby’s pada tanggal 1 Juni. Didesain oleh Daniel Simon, desainer visioner di balik "light cycles" terkenal dalam film Tron: Legacy, motor ini memiliki keunikan tersendiri dan hanya diproduksi sebanyak 100 unit di seluruh dunia.

Dikutip dari Carscoop, Lotus C-01 yang akan dilelang ini memiliki livery hitam dan emas yang terinspirasi oleh John Player Special, membuatnya tampak sangat menawan. Motor ini ditenagai oleh mesin 1.195 cc dari KTM RC8 R yang menghasilkan 200 hp, dipadukan dengan transmisi enam percepatan sequential. Meskipun tampilannya besar dan gagah, berat motor ini kurang dari 400 lbs (181 kg), membuatnya cukup cepat untuk memuaskan para penggemar motor.

Motor ini bukan diproduksi oleh Group Lotus, melainkan melalui kolaborasi antara Lotus Motorcycle dan Kodewa, sebuah konstruktor mobil balap asal Jerman. Lotus hanya memberikan lisensi namanya untuk proyek ini. Namun, hal tersebut tidak mengurangi daya tarik motor ini sedikit pun.

Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

Desain Lotus C-01 yang dirancang oleh Daniel Simon memiliki proporsi yang tidak biasa untuk sebuah motor, namun tetap terlihat memukau dari sudut manapun. Bagian depan motor dilengkapi dengan kluster lampu besar, sementara fork depan dihiasi dengan selubung tebal yang menampilkan branding Lotus. Bagian bodi utama motor hampir sepenuhnya menutupi mesin V-twin 75 derajat dari KTM RC8 R.

Motor ini dimiliki oleh Koleksi Dare to Dream di Kanada, yang membeli motor ini seharga hampir $140,000. Hingga kini, motor ini hanya memiliki jarak tempuh pengiriman, sehingga kondisinya tetap spektakuler. Diperkirakan akan terjual dengan harga antara $100,000 (Rp 1,6 Miliar) hingga $150,000 (Rp 2.4 Miliar).

Dok. Carscoop
Dok. Carscoop
× Image