Home > Gaya Hidup

Verstappen Raih Pole Position di Imola, Piastri dan Norris Mengikuti

Pole position Verstappen di Imola mengesankan, siap mengubahnya menjadi kemenangan di Grand Prix Emilia-Romagna.
Max Verstappen catatkan waktu 1:14.746 detik Dok. F1
Max Verstappen catatkan waktu 1:14.746 detik Dok. F1

MOTORESTO.ID, ITALIA -- Max Verstappen meraih pole position yang tak terduga di Grand Prix Emilia-Romagna, mencatat waktu terbaik 1:14.746 detik. Pembalap Red Bull ini mengalahkan Oscar Piastri dan Lando Norris dari McLaren, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Verstappen menunjukkan performa luar biasa setelah melakukan perubahan set-up di menit-menit terakhir.

“Akhir pekan yang sangat sulit sejauh ini, bahkan pagi ini,” kata Verstappen.

“Kami melakukan beberapa perubahan terakhir sebelum kualifikasi, hal itu tampaknya membuatnya terasa sedikit lebih baik. Saya bisa berusaha lebih keras. Trek ini luar biasa, pada lap kualifikasi, berada pada batas di sini, dekat dengan kerikil. Saya menyentuh kerikil di tikungan terakhir. Adrenalin saya sangat-sangat tinggi.”

Oscar Piastri menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1:14.820 detik, hanya 0,074 detik di belakang Verstappen. Namun, ia masih harus menghadapi investigasi karena diduga menghalangi Kevin Magnussen dari Haas. Lando Norris melengkapi posisi tiga besar dengan waktu 1:14.837 detik.

Charles Leclerc memimpin Ferrari di urutan keempat, diikuti oleh rekan setimnya Carlos Sainz di posisi kelima. George Russell dari Mercedes menempati posisi keenam, sementara rekan setimnya, Lewis Hamilton, berada di urutan kedelapan. Yuki Tsunoda dari AlphaTauri tampil impresif dengan menempati posisi ketujuh.

Kualifikasi yang Mengecewakan untuk Perez dan Alonso

Sergio Perez mengalami kejutan besar dengan gagal lolos ke Q3 dan hanya menempati posisi ke-11. Nasib buruk juga dialami Fernando Alonso, yang tereliminasi di Q1 dan hanya menempati posisi ke-19 setelah mengalami masalah pada mobilnya selama latihan bebas.

Q1 diwarnai kejutan ketika Fernando Alonso tersingkir di posisi ke-19. Sedangkan Q2 menyaksikan Sergio Perez tereliminasi di posisi ke-11. Verstappen kembali menjadi yang tercepat di kedua sesi ini, menunjukkan dominasinya sepanjang kualifikasi.

Hasil Lengkap Kualifikasi

1. Max Verstappen (Red Bull) - 1:14.746

2. Oscar Piastri (McLaren) - 1:14.820

3. Lando Norris (McLaren) - 1:14.837

4. Charles Leclerc (Ferrari) - 1:14.970

5. Carlos Sainz (Ferrari) - 1:15.233

Pole position ini menandai pencapaian luar biasa bagi Verstappen, yang kini menyamai rekor pole position Ayrton Senna. Dengan balapan yang dijadwalkan pada hari Minggu, semua mata akan tertuju pada Verstappen dan Red Bull untuk melihat apakah mereka dapat mengubah pole position ini menjadi kemenangan di Grand Prix Emilia-Romagna.

× Image