Home > Bisnis

Ini Kata Presiden Joko Widodo Setelah Menghadiri PEVS 2024

Presiden Jokowi baru saja mengunjungi pameran mobil listrik terbesar di Indonesia. Di sana, beliau memberikan dukungan atas pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.
Dok. Dyandra Promosindo
Dok. Dyandra Promosindo

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Hari keempat pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 menghadirkan momen istimewa dengan kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Bersama sejumlah pejabat tinggi negara, beliau turut mengunjungi sejumlah booth termasuk NEU, Keeway EV, BYD, dan PT PLN (Persero), serta menyempatkan diri untuk melihat pameran Asiabike Jakarta.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas keselenggaraan acara, menyebutnya sebagai langkah konkret dalam mendukung transisi energi di Indonesia. Beliau optimis bahwa Indonesia akan memiliki ekosistem kendaraan listrik sendiri di masa depan, mengingat potensi produksi yang besar. Kabar baiknya adalah bulan depan Indonesia akan meluncurkan pabrik industri baterai, yang akan semakin memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kalau melihat misalnya kaya kendaraan listrik, sepeda motor listrik itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja. Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali. Yang kedua, nanti bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun,” jelas Jokowi.

Selain kunjungan ke booth kendaraan listrik, Presiden Jokowi juga meninjau stand PT PLN (Persero), di mana Direktur Utama Darmawan Prasodjo menjelaskan kesiapan PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik. PLN telah menyediakan ribuan stasiun pengisian kendaraan listrik dan stasiun penukaran baterai, serta mengembangkan aplikasi PLN Mobile dengan fitur EV Digital Services.

Tidak hanya menjadi saksi kunjungan presiden, PEVS 2024 juga dipenuhi dengan beragam program hiburan dan wawasan mengenai kendaraan listrik. Komunitas Sepeda/Motor Listrik (KOSMIK) turut memeriahkan acara dengan Electric Motorcycle Show Off, sementara mahasiswa berpartisipasi dalam ajang Formula Student, memamerkan proyek-proyek inovatif dalam desain kendaraan listrik masa depan.

Kolaborasi antara GESITS, IBC, dan Hyundai Kefico turut menjadi sorotan, yang akan menghadirkan dua model motor listrik baru. Dengan demikian, PEVS 2024 bukan hanya menjadi tempat pameran, tetapi juga wadah untuk memperkuat industri kendaraan listrik Indonesia.

PEVS 2024 masih dibuka hingga 5 Mei 2024 dengan berbagai program menarik. Dengan harga tiket masuk Rp50.000, pengunjung dapat merasakan langsung era elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Acara ini hadir untuk semua kalangan, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi semua pengunjung, dan semakin memperkuat posisinya sebagai pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara.

× Image