Home > Mobil

Hadir Tahun Depan, Denza Z9 GT Jadi Andalan Station Wagon BYD

Denza Z9 GT BYD bocor di China, dengan tenaga 952 hp
Dok. CarNewsChina
Dok. CarNewsChina

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Pada awal April, BYD telah mengungkapkan keberadaan andalan terbarunya, Denza Z9 GT, dengan membagikan gambar pertama dari station wagon listrik ini yang sedang dikendarai di Stuttgart, Jerman. Gambar tersebut ditutupi dengan kamuflase khas Denza, bersama dengan video dari pengujian musim dingin yang menarik.

Dikutip dari CarNewsChina, Pada tanggal 15 April, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (MIIT) melaporkan bahwa BYD telah mengajukan homologasi pasar untuk Denza Z9 GT, mengungkapkan spesifikasi EV ini serta gambar versi produksinya.

Tindakan ini menarik perhatian banyak pihak, mengingat bahwa tidak ada mobil tanpa persetujuan MIIT yang dapat dijual di Tiongkok. Bagi produsen mobil, hal ini dapat menjadi tantangan karena mengungkapkan gambar, spesifikasi, dan rahasia lain dari mobil yang belum mereka luncurkan. Namun, BYD tampaknya tidak keberatan dengan langkah ini.

Denza Z9 GT menawarkan ukuran yang luas dengan 5 tempat duduk, panjangnya hampir mencapai 5,2 meter. Dimensinya secara pasti adalah 5180/1990/1500 mm, dengan jarak sumbu roda sebesar 3125 mm. Mobil ini dilengkapi dengan kanopi panorama dan sayap belakang elektrik yang menambahkan sentuhan modern pada desainnya.

Dengan tiga motor listrik, Denza Z9 GT memiliki output gabungan sebesar 710 kW (952 hp). Satu motor listrik di bagian depan menghasilkan daya sebesar 230 kW, sementara dua motor listrik di bagian belakang masing-masing memiliki daya sebesar 240 kW. Bobot trotoar mobil ini mencapai 2.875 kg, menjadikannya sebagai mobil berat dalam kategorinya. Kecepatan tertinggi Denza Z9 GT dibatasi pada 240 km/jam, memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan.

Baterai LFP Blade BYD akan menjadi sumber daya utama bagi Z9 GT, meskipun kapasitasnya belum diumumkan. Selain itu, EV ini akan menampilkan bagian eksterior dekoratif lidar dan serat karbon, menambahkan sentuhan futuristik pada penampilannya.

Denza

Sebagai informasi tambahan, Denza adalah bekas perusahaan patungan 50:50 antara BYD dan Mercedes-Benz, yang kini dimiliki oleh BYD setelah Mercedes-Benz meninggalkan perusahaan tersebut pada Desember 2021, mengurangi kepemilikannya menjadi 10%. Sejak itu, Denza telah meluncurkan tiga EV baru: minivan D9 serta crossover N7 dan N8. Denza Z9 GT akan menjadi EV keempat yang menarik perhatian publik.

× Image