Home > Aksesoris

Selain Memeriksa Kanvas Rem, Ternyata Langkah Ini Juga Perlu Dilakukan Saat Merawat Rem Mobil Anda

Pemeriksaan komponen seperti master rem, kanvas rem, minyak rem, selang minyak rem dan komponen lain terkait perlu dilakukan secara berkala.
Pemeriksaan sistem pengereman secara berkala akan menopang keselamatan berkendara
Pemeriksaan sistem pengereman secara berkala akan menopang keselamatan berkendara

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Rem bagi kendaraan bermotor adalah komponen vital yang patut dijaga kinerjanya agar selalu prima. Karena itu perlu perawatan teratur atau berkala dari sistem pengereman. Mulai dari pemeriksaan komponen seperti master rem, kanvas rem, minyak rem, selang minya rem dan komponen lain terkait.

Maka dari itu laman resmi Wuling berbagi tips merawat atau memeriksa rem mobil yang tidak maksimal kinerjanya dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Memeriksan dan mengganti kampas rem

Apabila kampas rem sudah aus atau menipis, harus segera menggantinya dengan baru. Pastikan untuk menggunakan kampas rem sesuai anjuran dari pabrikan mobil. Setelah 25.000 km, ganti kampas rem untuk mencegah gesekan piringan rem yang menyebabkan panas pada rem tromol mobil.

Mengisi Ulang Minyak Rem

Cara mengatasi rem mobil yang tidak pakem karena minyak rem berkurang adalah dengan menggantinya dengan minyak rem baru. Minyak rem berkurang seiring dengan penggunaan mobil.

Mengganti Booster Rem

Apabila terjadi masalah pada booster rem, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Karena dengan mempertahankan booster rem lama malah akan menyulitkan Anda dalam melakukan pengereman.

Menyetel Ulang Rem

Apabila rem pada mobil Anda sudah tidak nyaman, contohnya seperti tuasnya perlu diinjak sangat dalam merupakan salah satu indikasi bahwa harus menyetel ulang rem. Pastikan setel ulang rem Anda agar lebih mudah dan nyaman dalam menggunakannya.

Mengganti Piringan Rem

Piringan rem (Cakram) yang sudah terkikis dan bergelombang membuat fungsi pengeraman berkurang. Selain itu akan membuat komponen lain cepat sudak seperti kampas rem. Agar tidak terjadi masalah yang lebih besar, lebih baik ganti piringan rem dengan yang baru.

Mengganti Selang

Segera mengganti selang pada rem sebelum terjadi kebocoran. Pastikan tidak ada rembesan atau kebocoran di selang minyak rem. Kebocoran minyak rem dapat mempengaruhi daya apit rem terhadap roda, maka lakukan hal ini secara teratur, terutama saat perjalanan panjang.

Bersihkan Rem

Beberapa bagian pada rem mobil perlu dibersihkan secara berkala. Biasanya terdapat kotoran yang menyumbat selang minyak atau karat yang disebabkan oleh suhu atau setelah digunakan. Cara membersihkannya sangat mudah, yaitu dibilas dengan air bersih dan lap atau sikat rem tromol agar kotoran hilang.

Cek Ketinggian Tuas Rem Tangan

Anda dapat memeriksanya dengan tuasnya. Jika terdengar bunyi klik di atas sembilan kali saat rem ditarik, itu berarti rem tangan rusak atau los, dan ada kemungkinan rem blong. Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel karena ada masalah serius.

Pastikan Tidak Ada Bau Hangus

Jika Anda mengecek rem dan menemukan bau hangus, itu bisa menjadi tanda bahwa ada kebocoran minyak di sekitar kaliper rem.

× Image