Home > Bisnis

Jelang Mudik Lebaran, PLN Siapkan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia

PLN siapkan 1.124 SPKLU untuk pemudik, dengan SPKLU mobile dan SPLU sebagai tambahan. Pelanggan akses via PLN Mobile.
Pengguna kendaraan listrik yang menggunakan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile untuk melakukan charging di SPKLU. Dok. PLN
Pengguna kendaraan listrik yang menggunakan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile untuk melakukan charging di SPKLU. Dok. PLN

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) memastikan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan selama masa mudik Lebaran 1445 H. Tercatat, telah ada 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang akan disiagakan tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan komitmen PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Di masa mudik Lebaran tahun ini, PLN bersama para mitra memastikan kesiapan SPKLU untuk melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU tersebar di seluruh Indonesia dengan total 1.124 unit. Bahkan, jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan mendapatkan tambahan 100 unit SPKLU," ujarnya.

Darmawan menjelaskan bahwa PLN telah menempatkan unit SPKLU pada titik-titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua. Tol Trans Sumatra-Jawa akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.

"PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut. Di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km, aman untuk melayani kendaraan listrik dengan jarak tempuh 300-500 km," jelas Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa selama masa siaga ini, PLN mengerahkan 3.504 pegawai yang akan standby 24 jam di SPKLU tersebar. PLN juga menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

"Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan total 1.839 unit di seluruh Indonesia," imbuh Darmawan.

PLN juga menyiagakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik. Informasi detail mengenai lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

Kontak Pengaduan Layanan 24 Jam 7 Hari juga disediakan oleh PLN untuk kenyamanan pelanggan melalui Contact Center 123 dan WhatsApp 087771112123.

× Image