Home > Bisnis

Pemprov DKI Jakarta Gunakan Isuzu Elf NQR Sebagai Bus Sekolah Siswa Difabel

UPAS Dishub Pemprov DKI Jakarta telah memesan kendaraan tersebut sebanyak 5 unit bus
Tampak  Isuzu Elf NQR  yang telah dimodifikasi bagi kaum difabel.    dok Motoresto,id
Tampak Isuzu Elf NQR yang telah dimodifikasi bagi kaum difabel. dok Motoresto,id

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Layanan angkutan umum bagi kaum difabel kini menjadi perhatian serius pemerintah. Hal itu tampak dari munculnya kendaraan khususnya dirancang bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai agen pemegang merek (APM) dan distributor resmi kendaraan Isuzu di Indonesia menjawab kebutuhan itu dengan menghadirkan bus khusus bagi kaum difabel. Bus ini sekali angkut mampu membawa hingga 7 kursi roda termasuk di dalamnya bangku bagi para pendamping.

President Director PT IAMI Yusak Kristian mengatakan, karena Isuzu Elf NQR difungsikan khusus bus sekolah bagi para siswa difabel, maka dilakukan modifikasi sehingga bisa membawa siswa tersebut ke sekolah dengan rasa aman dan juga nyaman. “Isuzu menghadirkan bus spesial berbasis Isuzu Elf NQR dalam pameran khusus kendaraan niaga, GIICOMVEC 2024. Isuzu Elf NQR ini memiliki banyak keunggulan sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, termasuk menjadi bus sekolah khusus siswa difabel,” ujar Yusak.

Tampak interior Isuzu Elf NQR yang telah dimodifikasi khusus bagi kaum difabel.   dok motoresto.id
Tampak interior Isuzu Elf NQR yang telah dimodifikasi khusus bagi kaum difabel. dok motoresto.id

Secara spesifikasi, sebagai kendaraan niaga yang turut dalam program #IsuzuEuro4Ready, Isuzu Elf NQR sudah menggunakan mesin Direct Injection, In-Line 4 Cylinders, SOHC, TurboIntercooler, Common Rail dengan tenaga maksimum 150 PS pada putaran 2.600 rpm. Mesin ini tentunya lebih bertenaga, tetapi lebih irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM) karenasanggup meraih tenaga maksimum dalam putaran mesin yang lebih kecil.

Berkat putaran mesin yang lebih kecil untuk daya yang lebih besar, maka konsumsi solar lebih efisien dengan hasil tenaga maksimal sehingga efisien dalam hal biaya operasional. Isuzu Elf NQR ini memiliki suspensi khusus untuk penumpang sehingga nyaman,Isuzu ELF NQR memiliki panjang total hingga 7,4 meter sehingga tercipta kombinasi ruang yanglega untuk sebuah bus berukuran kompak.

Kendaraan khusus yang dipamerkan pada GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 tersebut telah dipesan Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishub Pemprov DKI Jakarta sebanyak 5 bus. Menurut rencana bus serupa akan ditambah jumlahnya hingga 80 unit.

× Image