Home > Mobil

Tips Kenali Fungsi Radiator dan Cara Merawatnya

fungsi utama dari radiator yaitu untuk memantau dan menstabilkan suhu mesin kendaraan
Radiator juga membutuhkan perawatan berkala.     dok Motoresto.id
Radiator juga membutuhkan perawatan berkala. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Radiator merupakan salah satu komponen vital bagi kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel. Fungsi radiator yang bertugas mendinginkan suhu mesin yang bekerja keras, patut mendapat perhatian penuh agar suhu mesin kendaraan tetap terjaga.

Pada prinsipnya merawat radiator mobil sama pentingnya seperti pada komponen lain. Jika radiator kurang dirawat, maka dapat menjalar pada komponen penting lain dan mengakibatkan gangguan seperti mesin mengalami overheat (panas berlebih) dan mobil mogok.

Agar tidak salah paham, Astra Daihatsu dalam laman resminya menjelaskan mulai dari definisi, fungsi hingga cara merawat komponen radiator.

Definisi dan fungsi radiator mobil

Arti dari kata radiator adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya dengan tujuan untuk mendinginkan maupun memanaskan.

Di dalam mobil, fungsi utama dari radiator yaitu untuk memantau dan menstabilkan suhu mesin kendaraan dengan media cairan. Radiator berperan juga untuk mencegah terjadinya suhu panas berlebih saat mesin dijalankan.

Radiator mobil, biasanya terletak di bagian depan mesin atau pada posisi lain yang dapat membantu proses pendinginan lebih optimal.

Secara umum komponen radiator terdiri dari tangki air bagian atas (upper tank), tangki bagian bawah (lower water tank), dan radiator core pada bagian tengahnya.

Komponen Radiator

Sebagai suatu komponen pendingin, radiator terdiri dari beberapa bagian. Berikut definisi setiap bagian penyusunnya.

Upper tank atau tabung reservoir. Bagian ini sering disebut sebagai tabung cadangan (reservoir tank) untuk menampung cairan radiator.

Lower Tank. Tempat menampung air setelah proses pendinginan terjadi yang terletak di bawah radiator.

Tutup radiator. Seperti namanya, bagian ini berfungsi untuk mengatur tekanan pada tabung radiator dan sebagai tempat mengisi cairan radiator.

Selang radiator. Berfungsi sebagai penghubung radiator dengan bagian blok mesin.

Thermostat. Definisinya sebagai alat untuk menjaga suhu mesin tetap stabil pada kisaran 80 derajat Celcius.

Pompa radiator, berfungsi mengalirkan cairan radiator ke water jacket sehingga suhu panas mesin akan turun atau menjadi lebih stabil.

Kipas. Fungsinya untuk menurunkan suhu radiator dengan cara mengalirkan udara dari radiator ke blok mesin.

Cara Merawat Radiator

Untuk merawat radiator mobil sebenarnya tidak sulit. Sahabat Daihatsu dapat mengikuti beberapa langkah mudah di bawah ini.

1. Pastikan selalu mengisi cairan radiator sesuai dengan spesifikasi pada buku panduan pengguna. Jangan mengisi air radiator dengan air keran biasa atau air mineral.

2. Perhatikan volume cairan radiator pada tangki cadangan. Jangan sampai berkurang atau berlebihan.

3. Periksa kondisi tutup radiator, pastikan tertutup dengan rapat. Cek, jika kendor artinya tutup radiator rusak. Segera ganti agar terhindar dari risiko kerusakan parah.

4. Rajin menguras radiator mobil setidaknya setahun sekali atau setiap 80 ribu kilometer.

5. Menguras radiator dapat juga dilakukan jika terjadi perubahan warna cairan radiator. Jadi periksa kondisinya setiap 20 ribu kilometer.

6. Rajin mengecek dan service mobil anda di bengkel resmi.

Melakukan perawatan radiator dengan cara menguras dapat dilakukan di bengkel spesialis dan bengkel resmi dengan biaya bervariasi mulai Rp 450 ribuan tergantung jenis mobil.

Mencuci radiator

Perawatan radiator mobil lain yang tidak kalah penting adalah dengan mencucinya menggunakan serbuk asam sitrat atau sitrun. Langkah ini bisa merontokkan karat dan kotoran yang melekat di bodi radiator.

Mencuci radiator dapat dilakukan kapan saja. Utamanya setelah melalui jalanan berlumpur, atau usai melewati genangan air laut.

Cara mencucinya cukup mudah, lepas radiator dari tempatnya. Kemudian siapkan peralatan seperti sikat gigi, sabun dan bubuk sitrun.

Campurkan sitrun dengan sabun pencuci piring ke dalam air. Kemudian, gunakan sikat gigi atau sikat kecil untuk menggosok seluruh bagian bodi radiator dengan bahan tersebut. Lakukan selama beberapa kali hingga seluruh kerak pada radiator terangkat.

Setelah itu siram dengan air hingga bersih. Gunakan gayung atau gelas plastik untuk membilas seluruh bodi radiator. Setelah itu keringkan dengan cara menjemur di bawah sinar matahari sebelum kembali dipasang.

Mulai sekarang pastikan untuk selalu memerhatikan kondisi radiator mobil agar terhindar dari kerusakan dan biaya servis yang membengkak. Jangan lupa, rawat mobil kesayangan seperti di bengkel resmi Daihatsu, pakai aplikasi DaihatsuKu untuk melakukan booking jadwal servis tanpa antri.

× Image