Home > Mobil

Kenali Teknologi E-platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Mobil Listrik BYD

Kedua teknologi tersebut sudah ditanam di BYD SEAL, Atto 3 dan Dolphin
Tampak stan BYD di IIMS 2024 .            dok BYD
Tampak stan BYD di IIMS 2024 . dok BYD

MOTORESTO.ID, JAKARTA-- BYD adalah perusahaan teknologi yang secara konsisten melakukan inovasi berkelanjutan melalui teknologi elektrifikasi. BYD yang kependekan dari Bulid Your Dream mengawali bisnisnya 1995 sebagai perusahaan baterai. Pada saat itulah visinya untuk membangun ekosistem energi tanpa emisi dimulai.

Salah satu inovasi terkini BYD adalah e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain, yang sudah ditanam ketiga mobil listriknya yang sudah diluncurkan di Indonesia, yaitu EV BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Partisipasi BYD dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 mencerminkan tekad perusahaan untuk terus memperluas penetrasi globalnya dan membagikan visinya, termasuk kepada konsumen di Indonesia.

"Teknologi revolusioner BYD, yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform, mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif. Dengan mengintegrasikan delapan fitur kunci secara sinergis dalam satu kesatuan, BYD membuka babak baru dalam transformasi industri, mengarahkan kita ke arah mobilitas yang lebih efisien, inovatif, dan berkelanjutan," ujar Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Japan dalam keterangannya belum lama ini.

Kelebihan Teknologi E-Platform 3.0

BYD memiliki platform yang lebih canggih dan berteknologi tinggi. Dengan keterangan Huruf “E” di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik pada platform tersebut, dan menambahkan 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery. E-platform 3.0 memiliki empat keunggulan yang menjaga performa EV BYD secara menyeluruh.

Rancangan eksklusif pada bodi e-platform 3.0 menjamin keamanan kendaraanlistrik murni karena blade battery dipasang menempel dengan bodinya, sehingga bisamemantau suhu dan menjaga kekuatan bodi.

Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjangdengan estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda yang lebih panjang, sehinggamembebaskan desain aerodinamis kendaraan dan menjadikan tampilan mobil yang lebihbaik.

Dari segi efisiensi, e-platform 3.0 memiliki sistem tenaga listrik efisiensi tinggi 8-in-1pertama di dunia yang mencapai 89 persen melalui integrasi antara motor dengan kontrolsistemnya sehingga menyebabkan berat dari keseluruhan kendaraan ini jadi lebih ringan danmeningkatkan efisiensinya.

Kemudian, e-platform 3.0 memiliki sistem yang saling terintegrasidengan seluruh kontrol sistem yang tidak ditemui di kendaraan-kendaraan lainnya. Hadirnya sistem ini memudahkan pengendara agar lebih terbiasa mengendarai EV BYD dengan nyaman.

E-platform 3.0 BYD menghadirkan pandangan inovatif dalam pengembangan kendaraan listrik yang menggabungkan sejumlah aspek positif, seperti ketahanan, keselamatan, teknologi, dan kecerdasan, yang bersinergi untuk meningkatkan performa efisien kendaraan listrik BYD.

Dalam perancangan e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya ke dalam satu unit, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil.

Kuasai Teknologi kunci

E-platform 3.0 sangat krusial sebagai platform teknologi eksklusif yang diciptakan oleh BYD untuk EV, menyatukan efisiensi, keamanan, kecerdasan, dan estetika dengan mulus. Selama bertahun-tahun BYD telah menguasai teknologi kunci dalam penelitian, pengembangan, dan manufaktur kendaraan listrik dalam ranah kendaraan energi baru.

Melalui struktur desain yang tepat dan modularitas, BYD memungkinkan fleksibilitas untuk berbagai tata letak baik penggerak roda depan, penggerak roda belakang, atau penggerak empat roda.

Ini menandakan bahwa e-platform 3.0 tidak hanya memiliki kemampuan untuk menciptakan model dengan pengalaman optimal tetapi juga mampu menampung kendaraan listrik pintar dengan berbagai ukuran dan mencakup semua dimensi.

Desain lantai yang sepenuhnya datar meningkatkan stabilitas dan kohesivitas struktur transmisi gaya samping.

Penggabungan blade battery dan bodi, ditambah dengan desain struktural yang dioptimalkan dari seluruh kendaraan, menggabungkan jalur transmisi gaya dari bodi dengan struktur rangka penuh, serta struktur baterai.

Peningkatan ini memperkuat kemampuan anti-intrusi tubuh dan efektif meredam getaran lantai, menghasilkan peningkatan keseluruhan keamanan, dan pengalaman berkendara.

Sebagai suatu sistem, e-platform juga mampu mengatur suhu baterai dengan efektif bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem, memperpanjang jangkauan kendaraan, dan meningkatkan kenyamanan.

Serta meningkatkan integrasi yang kuat antara sistem penggerak, pengereman, dan kemudi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif. E-platform ini bersifat terbuka untuk digunakan oleh produsen kendaraan listrik lainnya, sehingga memungkinkan teknologi BYD untuk dinikmati oleh lebih banyak orang.

Bagian integral dari arsitektur e-platform 3.0 adalah perangkat keras komputer dan sistem operasi BYD OS dalam ranah perangkat lunak. Kedua teknologi ini bersifat modular dan memfasilitasi penggunaan bersama di berbagai platform.

Pendekatan teknologinya secara signifikan memperpendek siklus iterasi hingga 70 persen. Kombinasi blade battery datar, perakitan 8-in-1 yang terintegrasi secara mendalam, desain arsitektural struktural, dan daya ekspansi tinggi dari e-platform 3.0 menghasilkan rasio yang lebih besar, postur tubuh yang lebih rendah, dan resistensi angin ultra-rendah, mencapai posisi rendah dengan ruang interior yang luas.

Teknologi 8-in-1 powertrain

Perkembangan integrasi tinggi pada BEV berlangsung pesat semenjak unit independen sepuluh tahun lalu hingga unit tenaga terpadu 3-in-1 dan poros roda (e-axle) yang saat ini umum digunakan telah diciptakan. BYD mengambil langkah lebih lanjut dengan menyematkan BMS (Battery Management System) tambahan dalam kotak tersebut dari yang sebelumnya 7-in-1 menjadi 8-in-1 powertrain.

Teknologi 8-in-1 powertrain BYD mencakup BMS, VCU (Vehicle Control Unit), inverter, PDU (Power distribution unit), OBC (On Board Charger) yang digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain. Pemisahan komponen dilakukan pada semua perangkat kecuali gearbox dan e-motor.

Sistem daya listrik inovatif 8-in-1 mengintegrasikan VCU, serta BMS, PDU, motor penggerak, MCU (Motor Control Unit), Unit, transmisi, dan OBC. Integrasi mendalam pada 8-in-1 powertrain BYD memberikan efisiensi sistem sebesar 89 persen, dan mencakup fungsi mengemudi dan pengereman, dengan pengendali domain powertrain canggih untuk respon cepat dan pemanfaatan penuh motor listrik. Pengendali domain kokpit dan pengendali domain bodi BYD sudah dalam tahap produksi massal.

Terdapat dua keuntungan 8-in-1 powertrain, mulai dari ukuran yang efisien dengan ruang yang lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan dari segi biaya. Karena BYD membuat semua komponen secara in-house, harga produksi dapat lebih terjangkau dan akan menguntungkan costumer.

Sistem Manajemen Thermal

E-platform 3.0 memiliki dua sistem manajemen thermal yaitu mengatur suhu kabin dan baterai melalui sistem yang mengontrol hal tersebut. Pada kendaraan konvensional, sistem manajemen thermal adalah mekanisme yang mengatur suhu di dalam ruangan.

Kendaraan BYD dilengkapi dengan sistem pengaturan udara yang tidak hanya mengatur suhu di dalam ruangan, tetapi juga mengatur suhu baterai. Penyesuaian suhu baterai ke dalam rentang yang sesuai, baik saat musim panas maupun musim dingin (sejuk di musim panas, hangat di musim dingin).

Sistem pengendalian suhu ini berfungsi tidak hanya saat mobil dinyalakan, tetapi juga saat sedang pengisian daya cepat, sehingga memberikan kinerja pengisian yang stabil dan stabilitas jangkauan. Proses pendinginan baterai tersebut tidak menggunakan air, tetapi menggunakan air conditioner atau gas.

× Image