Home > Mobil

Kenali Fitur Mobil Listrik Yang Tidak Ada di Mobil Konvensional

Mobil listrik, selain memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, juga menawarkan fitur-fitur unggulan.
Dok. Motoresto.id
Dok. Motoresto.id

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Mobil listrik kini menjadi salah satu alternatif kendaraan ramah lingkungan. Tidak hanya memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, namun juga fitur-fitur yang disematkan juga menjadi poin plus untuk kendaraan ini.

Neta, sebagai salah satu APM kendaraan listrik di Indonesia juga membawa fitur-fitur canggih lewat produk mereka yakni Neta V. Salah satu fitur pintar yang disematkan dirancang untuk menambah efisiensi daya baterai adalah One Pedal & Cruise Control.

One Pedal, adalah salah satu fitur yang cukup umum untuk mobil listrik seperti NETA V yang didesain untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan daya baterai. Fitur ini mengintegrasikan sistem regenerative braking yang beroperasi setiap kali pedal gas ditekan.

Energi kinetik yang dihasilkan dari pengereman akan diubah menjadi energi listrik dan disimpan kembali ke dalam baterai mobil. Fungsionalitas ini tidak hanya meningkatkan daya baterai, tetapi juga mengurangi kelelahan saat berkendara di jalanan padat, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih efisien.

“Pengemudi juga dapat dengan mudah mengendalikan akselerasi NETA V dan pengereman hanya dengan menggunakan satu pedal gas sehingga fitur ini sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi lalu lintas padat atau di area perkotaan seperti di Jakarta” ungkap Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia.

Menggunakan fitur One Pedal sangat mudah dan fleksibel, bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan pengemudi. Untuk mengaktifkannya, cukup akses menu "Vehicle Settings" pada Head Unit mobil NETA V sebelum berkendara. Selanjutnya, cari dan klik opsi "One Pedal" untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Selain One Pedal, NETA V dilengkapi dengan fitur Cruise Control. Fitur ini juga hadir di kendaraan konvensional yang dibuat untuk membantu pengemudi mengatur kecepatan mobil secara stabil dan otomatis tanpa harus menginjak pedal gas atau rem. Fitur pintar ini meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh.

Untuk mengaktifkan Cruise Control, pengemudi hanya perlu menurunkan tuas transmisi yang terletak di sisi kanan saat mobil mencapai kecepatan minimum 60 km/jam. Setelah diaktifkan, fitur ini akan mempertahankan kecepatan mobil secara stabil, sehingga pengemudi tidak perlu lagi menggunakan pedal gas. Cruise Control sangat berguna saat berkendara di jalan bebas hambatan atau jalan tol saat melakukan perjalanan jauh.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat mengaktifkan Cruise Control, fitur One Pedal secara otomatis dinonaktifkan. Jadi, jika ingin menggunakan kembali One Pedal, pengemudi perlu mengaktifkannya kembali secara manual.

× Image