Resmi Diperkenalkan Secara Global, Begini Tampang Dari Porsche Macan EV Terbaru
MOTORESTO.ID, JAKARTA – Resmi diperkenalkan di dunia, Porsche Macan full electric hadir dengan 2 varian, yakni macan 4 dan macan turbo. Diluncurkan secara global di singapura, Porsche Macan elektrik ini menjadi SUV pertama Porsche yang mengadopsi mesin elektrik.
Untuk mencapai efisiensi tinggi dan menghasilkan tenaga yang optimal, Porsche secara eksklusif menggunakan motor listrik PSM generasi terbaru. Jika dikombinasikan dengan Launch Control, Macan 4 menghasilkan tenaga overboost hingga 300 kW (402 hp), sedangkan Macan Turbo menghasilkan tenaga overboost hingga 470 kW (630 hp). Macan 4 berakselerasi dari posisi diam hingga 60 mph dalam 4,9 detik, sedangkan Macan Turbo hanya membutuhkan 3,1 detik.
Baterai lithium-ion (HV) di bagian bawah bodi mobil, dengan kapasitas kotor 100 kWh, yang mana hingga 95 kWh dapat digunakan secara aktif. Baterai HV adalah komponen utama dari Premium Platform Electric (PPE) yang baru dikembangkan dengan arsitektur 800 volt, yang digunakan oleh Porsche untuk pertama kalinya pada Macan baru. Lengkap dengan pengereman regeneratif memungkinkan tenaga hingga 240 kW
Porsche Macan baru mendukung pengisian daya DC hingga 270 kW, memungkinkan pengisian dari 10 hingga 80 persen dalam 21 menit di stasiun pengisian cepat. Pada stasiun pengisian daya 400 volt, sakelar tegangan tinggi pada baterai membagi baterai 800 volt menjadi dua, memungkinkan pengisian efisien hingga 135 kW.
Mobil juga dapat diisi daya dengan arus bolak-balik hingga 11 kW, tergantung pada perangkat keras eksternal. Fleksibilitas ini berguna di rumah atau tempat umum tanpa stasiun pengisian cepat.
Macan 4 dan Macan Turbo memiliki penggerak semua roda yang dikendalikan oleh Porsche Traction Management (ePTM) secara elektronik. ePTM beroperasi lima kali lebih cepat daripada sistem penggerak semua roda konvensional, merespons putaran roda dalam 10 milidetik. Distribusi penggerak roda diatur oleh program mengemudi yang dipilih, sementara Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) pada gandar belakang berkontribusi pada traksi, stabilitas berkendara, dan dinamika lateral Macan Turbo.
Masuk ke interior, Macan dilengkapi dengan tiga layar, termasuk cluster instrumen berukuran 12,6 inci dan layar tengah 10,9 inci. Penumpang dapat melihat informasi dan mengontrol sistem infotainment melalui layar opsional 10,9 inci. Porsche Driver Experience mencakup tampilan head-up dengan teknologi augmented reality, menyajikan elemen virtual seperti panah navigasi secara visual. Sistem infotainment baru berbasis Android Automotive OS, kompatibel dengan Apple Car Play, dan Porsche Communication Management (PCM) dengan fitur voice command "Hey Porsche" memberikan saran rute dengan cepat, termasuk pemberhentian pengisian daya. Porsche App Center memungkinkan akses langsung ke aplikasi pihak ketiga.
“Tujuan kami adalah menawarkan model paling sporty di segmennya dengan Macan serba listrik. Dalam banyak hal, kami membawa SUV yang sangat sukses ke tingkat yang baru,” kata Jörg Kerner, Wakil Presiden Lini Produk Macan
Macan baru sudah bisa dipesan sekarang, dengan pengiriman pertama diperkirakan akan dimulai pada paruh kedua tahun ini. Angka kisaran EPA akan tersedia mendekati tanggal pengiriman. Calon pembeli yang menginginkan informasi lebih lanjut tentang Macan listrik baru dapat mengunjungi https://contact.porsche.com/usa/all-electric-macan/ untuk informasi lebih lanjut.