Home > Umum

Teknologi Suzuki XL7 Hybrid yang Pertama di Kelasnya, Apa Istimewanya?

Kehadiran Suzuki New XL 7 Hybrid adalah mengusung teknologi Suzuki Hybrid pertama untuk kategori SUV di kelasnya.

MOTORESTO.ID, JAKARTA --PT Suzuki Indomobil Sales tepat 15 Juni lalu  kembali menghadirkan produk unggulannya, Suzuki New XL 7 yang mengusung teknologi Hybrid pertama di kelasnya.

Kehadirannya menyusul seniornya, Grand Vitara Hybrid yang terlebih dahulu mengaspal beberapa waktu sebelumnya.

Kehadiran kedua produk SUV unggulan Suzuki tersebut tidak terlepas dari  terus berkembangnya pasar SUV di Tanah Air.

Pihak PT SIS sendiri menargetkan produksi Suzuki New XL7 Hybrid hingga 80 persen dan non hybrid 20 persen.

"Kami sudap produksi sejak April lalu dan sekarang sudah bisa SPK," kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran Roda 4 PT SIS di sela peluncuran Suzuki XL7 Hybrid beberapa waktu lalu.

Menurutnya, konsumen akan memilih varian tertinggi Alpha. hal itu lazim terjadi pada sebuah produk yang baru diluncurkan. Namun, seiring berjalannya waktu kondisi akan lebih merata ke semua varian.

Hingga kini, PT SIS telah memasarkan tiga produk hybridnya ke pasaran di dalam negeri dan mancanegara.

Namun, tidak menutup kemungkinan ke depan akan bertambah lagi produk Suzuki lainnya yang memakai hybrid sebagai tenaga penggeraknya.

"Kita masih lihat animo, sekarang kita masih edukasi pasar  tidak menutup kemungkinan ke sana," kata Donny.

Mengusung tagline “New Energy to Move Further”,  New XL7 Hybrid mencoba menghadirkan semangat perubahan ke arah penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi.

Sepintas tampilan luar Suzuki New XL 7 Hybrid tidak mengalami banyak perubahan berarti dari generasi sebelumnya. Pemasangan logo hybrid di belakang, velg  dan grill depan warna hitam, tailgate garnish serta body two tone hadir sebagai pembeda dari generasi sebelumnya.

Namun, saat memasuki interior, perubahan baru terasa.

Itu tampak dari hadirnya New E-Mirror Touchscreen, new cruise control, new black wood panel yang mamperkuat kesan gagah dan sportif.

Ruang kabin yang lega hingga bangku beris ketiga juga menjadi nilai jual sebagai SUV yang mampu mengangkut 7 penumpang dan barang bawaan bersamaan.

Fasilitas sepasang air bag bagi penumpang depan dan pengendara sudah menjadi perlengkapan standar Suzuki XL7 hybrid.

 

[caption id="attachment_5493" align="alignnone" width="775"]peluncuran XL7 hybrid Tampak suasana peluncuran Suzuki New XL7 Hybrid di Senayan. dok motoresto.id[/caption]

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS)


New XL7 Hybrid menggunakan mesin K15B yang mengusung  teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Teknologi ini memiliki dua komponen penting, yakni Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery. Kehadiran keduanya diyakini mampu meringankan beban kerja mesin K15B yang berkapasitas 1500 CC.

Hadirnya fungsi auto start stop akan mampu menekan penggunaan BBM ketika tidak diperlukan sementara waktu. Hal ini akan menekan emisi dan menghemat penggunaan BBM di perjalanan

ISG ini sendiri membantu mesin memberikan tenaga listrik dari baterai lithium ion 10 watt ke mesin sebagai  acceleration assist.

ISG ini juga dapat mengubah energi kinetik ketika deselerasi menjadi energi regeneratif yang menghasilkan daya listrik untuk recharging ke baterai.

Pihak Suzuki juga sudah menjamin garansi resmi 8 tahun bagi baterai lithium produk hybridnya tersebut.

[caption id="attachment_5251" align="alignnone" width="800"]xl 7 hybrid dashcam Tampak mirror touchscreen yang ada pada Suzuki New XL7 hybrid[/caption]

Fitur Kenyamanan Berkendara


Bagian paling menarik dan menjadi ciri khas produk line up Suzuki masa kini  adalah tersedianya  sejumkah fitur masa kini yang membantu kemudahan berkendara.

Seperti kamera Smart E-Mirror  dapat membantu pengemudi ketika berkendara maupun  hendak parkir.

Tidak hanya sebagai kamera parkir saja, kamera ini juga bisa menjadi dashcam. Kamera ini mampu mengambil momen baik bagian depan maupun belakang kendaraan.

Serta terdapat slot memori SD yang berada di dalam spion tengah tersebut.

Fitur lain yang menarik dalam berkendara adalah fasilitas new cruise control yang membantu saat melaju tanpa hambatan di jalan raya tanpa menginjak pedal gas.

Guna menambah aksen sportif,  dashboard Suzuki New XL7 Hybrid kini menggunakan warna new balck wood.

Suzuki kini juga melengkapi varian XL7 hybrid dengan fasilitas keamanan dan kenyamanan yang mumpuni. Seperti hill hold control yang membantu menghentikan laju kendaraan saat berhenti di jalan menanjak.

Hadirnya fitur electronic stability programme (ESP) juga akan membantu mencegah kendaraan dari risiko slip ketika meliwati jalan licin atau bermuatan penuh.

Ketika sistem mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian saat kendaraan melaju,  dengan otomatis sistem ini akan membantu mengurangi laju kendaraan agar pengendalian lebih mudah.

Sistem pengereman segera berlaku pada keempat roda.  Rem pada roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer.

PT SIS sendiri cukup optimistis dengan produk terbarunya tersebut. Rencana produksi Suzuki New XL7 hybrid sebesar 12000 untuk pasar lokal dan 12000 lainnya untuk pasar ekspor.

Bandrol Suzuki New XL7 Hybrid  beragam mulai tipe tertinggi Alpha AT Rp 304.9 juta hingga tipeterendah, Zeta MT Rp 256,1 juta on the road DKI

 

× Image