Home > Mobil

Jaga Kualitas Layanan bagi Konsumen, Ini yang Dilakukan HPM

Tujuan dari ajang ini untuk mengukur dan menguji kesiapan Sumber Daya Manusia dalam melayani konsumen.

MOTORESTO.ID,JAKARTA-- Peran SDM sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga kualitas layanan dan produk yang dihasilkan. Di industri otomotif ketrampilan SDM dibutuhkan mulai dari wiraniaga di konter penjualan hingga layanan purna jual yang prima.

Hal itu dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar kontes tahunan “Honda Skill Contest 2023” untuk ke-17 kalinya pada 19 hingga 20 Februari 2023 di fasilitas Training Center PT HPM, Jakarta. Kontes ini melibatkan para Wiraniaga, Service Advisor, Teknisi Servis, Spare Parts, dan Customer Care Officer dari seluruh dealer resmi Honda di Indonesia.

Denny MT, Service, Parts & Customer Care Assistant General Manager PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda Skill Contest ini sempat terjeda akibat pandemi. Tujuan dari ajang ini untuk mengukur dan menguji kesiapan Sumber Daya Manusia dalam melayani konsumen. "Kami berharap melalui acara ini akan meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen khususnya pelayanan sales dan aftersales,” katanya.

Sebelum memasuki tingkat nasional di Jakarta, kontes serupa telah diadakan sebelumnya di lima wilayah Main Dealer Honda, yang membawahi seluruh dealer resmi Honda di seluruh Indonesia. Pada final tingkat nasional, terdapat sebanyak 80 personil dealer yang ikut berkompetisi di ajang ini.

Para finalis tersebut terdiri dari 10 orang wiraniaga, 50 orang teknisi dari servis yang terdiri dari Service Advisor, Teknisi Repair dan Teknisi Pair Maintenance. Selain itu juga terdapat 10 orang dari Spare Parts dan 10 orang dari Customer Care yang mengikuti kontes keahlian ini.

Pada kategori kontes wiraniaga, para wiraniaga ini diuji seputar pengetahuan produk serta kemampuan melayani pelanggan baik melalui uji tertulis maupun simulasi peran. Pemenang dari kategori ini adalah Christian dari Honda IBRM, peringkat kedua Hidayatullah dari Honda Arista Rajabasa dan peringkat ketiga ditempati Vina Kheista dari Honda Arista Depok.

Untuk kategori Service Advisor, pemenang kategori ini adalah Ni Putu Widiastuti Apriliani dari Honda Dewata Motor. Peringkat kedua ditempati oleh Tommy dari Honda Mandiri Bogor dan Budi Santoso dari Honda Semarang Center menempati peringkat ketiga.

Untuk kategori Service Repair, peringkat pertama dimenangkan Imam Maulidzar dan Adi Setyawan dari Honda Permata Serpong. Peringkat kedua ditempati Feri Ferdian dan Putra Wahyu Pratama dari Honda Surabaya Center. Peringkat ketiga ditempati Andi Arwana dan Rio Muhammad Ananda dari Honda Mandalatama Jepara.

Pada kategori Service Pair Maintenance, pemenang kategori ini adalah Muhamad Taufan dan Riyadi dari Honda Permata Hijau. Peringkat kedua ditempati oleh Bagus Crisdian dan Wino Adi Pratama dari Honda Surabaya Center dan peringkat ketiga ditempati oleh Fajar Kurniawan dan Dedik Indramawan dari Honda Gajah Mada.

Dalam kontes untuk kategori Spare Parts, para Partman berlomba menjadi yang terbaik dalam penguasaan dan pengetahuan mengenai suku cadang Honda. Untuk kategori Sparepart dimenangkan oleh Adnan dari Honda Pasteur, peringkat kedua ditempati oleh Steven Ferdian dari Honda Mandiri Bogor serta peringkat ketiga ditempati oleh Oki Hartanto dari Honda Trimegah BSD.

× Image