Home > Mobil

Ini Kelebihan Daihatsu All New Ayla Setelah 10 Tahun Dipasarkan

All New Ayla diproduksi bagi kalangan first time buyer yang telah 70 persen menjadi konsumen utamanya selama ini.

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Jelang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pecinta otomotif nasional dikejutkan dengan peluncuran Toyota Agya dan Ayla. Dua saudara kembar ini memang merajai pasar kendaraan low cost green car (LCGC) tanah air dalam beberapa tahun terakhir. Namun, ada rasa kebanggaan yang terselip di sela perkenalan All New Ayla, Rabu (15/2).

Tak terasa Ayla telah hadir 10 tahun di Indonesia sejak diperkenalkan tahun 2013 lalu. Kelahiran Ayla tidak terlepas dari bentuk dukungan industri otomotif terhadap pemerintah yang mencanangkan pembuatan kendaraan yang harganya terjangkau, ramah lingkungan dan hemat BBM. "Saat itu tidak semua produsen main di LCGC," kata Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Indonesia, menceritakan kilas balik kelahiran Ayla.

Kini dengan mengusung tema perkenalan Senantiasa Hadir untuk Indonesia, produksi Ayla selama ini telah mengandung komponen lokal hingga 80 persen, melibatkan 1700 suplier dan 800 ribu pekerja di dalamnya. Dalam 10 tahun terakhir Ayla telah 2 kali melakukan minor change dan tidak dipasarkan di Jepang. Sejak diperkenalkan 2013 lalu Ayla telah terjual 268.000 unit.

Daihatsu sendiri tetap berkomitmen untuk menempatkan Ayla sebagai produk LCGC di Tanah Air. Hal itu sesuai dengan semangat semula, memproduksi kendaraan yang ditujukan bagi kalangan first time buyer yang mencapai 75 persen konsumennya. Bahkan sebelum Covid-19 melanda jumlah tersebut mencapai 80 persen.

Lalu apa yang membedakan All New Ayla dengan pendahulunya. Pihak Astra Daihatsu Indonesia selaku produsen telah memiliki racikan khusus agar kendaraan kompak ini tetap menjadi primadona di LCGC. Sesuai tagline 'Exciting Entry Hatchback' All New Astra Daihatsu Ayla kini dibekali dengan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), sehingga memiliki beragam keunggulan seperti teknologi terkini, berkualitas tinggi, harga terjangkau, dan lebih efisien.

Tampilan eksterior All New Astra Daihatsu Ayla tampil powerful, dan aggressive, ditambah desain baru alloy wheel 14' inch, dan fitur terkini seperti LED Headlamp. Pada sisi interior, All New Ayla juga tampil sporty dengan mode advance feeling memberikan sensasi berkendara yang human oriented dan fun to drive, ditambah area kabin dan bagasi yang lebih luas.

All New Astra Daihatsu Ayla kini dibekali dengan 2 pilihan mesin baru, yakni 1.2L WA-VE, dan 1.0L VVT-i. Keduanya berkarakter responsif dengan standar EURO 4, sehingga lebih ramah lingkungan. All New Ayla juga dilengkapi dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission), membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan bahan bakar yang lebih efisien.

Namun, untuk soal harga, pemasaran dan teknis produk Ayla sama seperti saudara kembarnya Agya pihak Astra Daihatsu belum bersedia menjelaskan. "Nanti saat peluncuran resminya kita kabarin," kata Agung.

 

× Image