Jajal Chery Tiggo 8 CSH Keluar Kota, Seberapa Irit Saat Menempuh Rute JakartaBandung?

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Menjelajah keluar kota untuk pertama kalinya menggunakan mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) tentu menyisakan rasa penasaran. Apakah benar hemat bahan bakar? Sejauh mana performanya bisa diandalkan? Untuk menjawab itu, kami dari Motoresto.id berkesempatan langsung menjajal Chery Tiggo 8 CSH, SUV 7-seater berteknologi hybrid terbaru dari Chery.
Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Bandung, lalu kembali lagi ke Jakarta. Untuk memastikan pengujian berlangsung adil dan terukur, tangki bensin diisi penuh dan langsung disegel. Artinya, selama perjalanan tidak ada tambahan pengisian bahan bakar. Di sisi lain, baterai terisi 90%, dan pada layar MID (Multi Information Display), tercantum estimasi jarak tempuh yang mengesankan: 1.117 kilometer.
Dari sisi kelengkapan, Chery menyematkan banyak fitur modern di Tiggo 8 CSH ini. Sebut saja head-up display, wireless charging, head unit besar dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, panoramic sunroof, hingga sistem bantuan berkendara seperti adaptive cruise control dan lane keeping assist.
Untuk mencatat konsumsi bahan bakar, kami mengandalkan data dari MID yang merekam konsumsi rata-rata tiap 50 km. Selama perjalanan, mode berkendara kami prioritaskan ke EV mode, namun sesekali berpindah ke HEV mode saat dibutuhkan—terutama saat tanjakan atau saat ingin mengisi baterai kembali melalui regenerasi.
Berikut catatan konsumsi di beberapa titik:
- Rest Area KM72: Konsumsi rata-rata tercatat 16,7 km/l. Baterai tinggal 25%, namun bar indikator bensin belum bergeser.
- Hotel di Bandung: Mode berkendara disetel ke HEV dengan regenerasi level maksimal (hard). Konsumsi turun jadi 14,9 km/l. Estimasi jarak tempuh masih di angka 1.002 km.
- Rute Bandung ke PIK 2: Lalu lintas bervariasi. Konsumsi akhir meningkat ke 19 km/l berkat regenerasi saat menuruni jalur dari Bandung. Mesin juga sempat diatur untuk mengisi baterai hingga EV range stabil di sekitar 60 km.
Secara total, perjalanan menempuh 487 km dengan kecepatan rata-rata 70–90 km/jam di jalan tol. Untuk mobil bermesin 1.500 cc turbo hybrid berbobot besar, catatan konsumsi ini tergolong efisien, meski belum masuk kategori luar biasa.
Namun perlu dicatat, hasil ini berdasarkan bacaan MID, bukan pengujian metode full to full yang lebih akurat. Artinya, ada kemungkinan deviasi dalam data konsumsi BBM dan jarak tempuh.
Meski begitu, pengalaman ini memberi gambaran awal bahwa SUV PHEV seperti Chery Tiggo 8 CSH bisa menjadi alternatif menarik untuk perjalanan luar kota, terutama bagi mereka yang ingin menikmati efisiensi tanpa mengorbankan kenyamanan dan fitur modern.