Home > Mobil

George Russell Raih Pole Position di Silverstone, Tiga Pembalap Inggris Dominasi Kualifikasi

George Russell raih pole di Silverstone, mengalahkan Hamilton dan Norris, dominasi pembalap Inggris.
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, SILVERSTONE -- George Russell berhasil meraih pole position di Grand Prix Inggris di Silverstone, mengalahkan rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, dan Lando Norris dari McLaren. Ketiga pembalap ini, yang semuanya berkebangsaan Inggris, menempati posisi teratas di kualifikasi, membuat GP Inggris menjadi tuan rumah yang istimewa bagi mereka.

"Sungguh luar biasa, sungguh luar biasa! Di awal tahun ini kami bahkan tidak dapat bermimpi untuk berada di posisi terdepan di sini. Satu-dua untuk Lewis dan saya, Lando di P3... Itu luar biasa," kata Russel.

Dalam sesi kualifikasi basah-kering, Russell mencatatkan waktu 1m 25.819s, unggul 0.171s dari juara dunia tujuh kali Hamilton, sementara Norris tertinggal beberapa seperseribu detik di posisi ketiga.

"Selamat kepada George, dia telah melakukan pekerjaan yang hebat. Kami jelas tidak menyangka akan berada di barisan terdepan akhir pekan ini, tetapi ini sangat penting bagi kami, bagi tim kami," kata Hamilton dalam sesi wawancara setelah babak kualifikasi.

Ini merupakan pole position ketiga dalam karier F1 Russell, dan yang kedua pada musim 2024 setelah Kanada. Pembalap berusia 26 tahun itu juga menargetkan kemenangan balapan berturut-turut setelah kemenangan di Austria.

Max Verstappen hanya mampu menempati posisi keempat di Red Bull, setelah terhambat oleh kecelakaan di Copse. Oscar Piastri menempati posisi kelima untuk McLaren. Nico Hulkenberg menarik perhatian dengan menempati posisi keenam di Haas, di depan Carlos Sainz dari Ferrari.

Lance Stroll dan Fernando Alonso dari Aston Martin mengamankan P8 dan P10 di grid, sementara Alex Albon dari Williams berada di antara mereka di P9. Charles Leclerc dari Ferrari mengalami hari yang mengecewakan, tereliminasi di Q2 dan mengakhiri sesi di P11. Ia akan memulai balapan bersama Logan Sargeant dari Williams di P12, yang menandai penampilan kualifikasi terbaik pembalap Amerika itu tahun ini.

Pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda dan Daniel Ricciardo masing-masing tersingkir di posisi ke-13 dan ke-15, sedangkan Zhou Guanyu dari Sauber berada di posisi ke-14. Valtteri Bottas nyaris lolos ke Q2 dengan Sauber, menempatkannya di P16, sementara Kevin Magnussen dari Haas menyusul di P17 setelah mengalami kendala di Copse.

Dok. F1
Dok. F1

Esteban Ocon dan Pierre Gasly dari Alpine berada di posisi P18 dan P20, meskipun Gasly akan memulai dari belakang karena penalti power unit. Sergio Perez mengalami bencana setelah terdampar di kerikil pada menit-menit awal sesi, menempatkan pembalap Red Bull itu di posisi P19.

Dok. F1
Dok. F1
× Image