Home > Mobil

Isu Toyota Celica Hadir Kembali, Pakai Mesin 2.0 cc Turbo

Toyota Celica kembali dengan mesin turbo 2.0L dan AWD, debut Januari 2025 di Tokyo Auto Salon.
Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Kabar terbaru dari Jepang menunjukkan bahwa Toyota Celica mungkin akan kembali dalam bentuk model GR dengan mesin pembakaran internal. Mesin empat silinder turbo 2.0 liter menjadi salah satu kandidat, dipadukan dengan sistem GR-Four AWD. Celica baru dikabarkan akan debut pada awal Januari mendatang di Tokyo Auto Salon 2025.

Sejak peluncuran departemen Toyota Gazoo Racing, rumor tentang kebangkitan kembali MR2 dan Celica terus berkembang. Laporan terbaru menunjukkan bahwa Celica mungkin akan kembali dengan powertrain bensin klasik, bukan sebagai mobil sport EV seperti yang sebelumnya diprediksi.

Chairman Toyota, Akio Toyoda, tahun lalu mengungkapkan keinginannya untuk menghadirkan Celica baru. Ini diikuti dengan spekulasi tentang mobil sport EV berbasis Lexus LF-ZC Concept. Namun, laporan terbaru lebih menarik, menunjukkan bahwa Celica mungkin akan menggunakan mesin bensin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang dikombinasikan dengan sistem penggerak semua roda GR-Four, mirip dengan yang digunakan pada GR Yaris dan GR Corolla.

Dalam pernyataan bersama dengan Subaru dan Mazda tentang masa depan mesin pembakaran, Toyota mengonfirmasi sedang mengerjakan mesin empat silinder 1.5 liter dan 2.0 liter baru yang kompatibel dengan bahan bakar alternatif. Laporan dari Best Car Japan menyebutkan bahwa pengembangan mesin performa tinggi ini telah selesai dan memiliki output tenaga mendekati 400 hp (298 kW / 406 PS).

Konfigurasi ini mengingatkan pada Celica GT-Four yang legendaris, terkenal dalam kejuaraan reli dunia (WRC). Meski belum ada informasi resmi mengenai desain eksterior, kemungkinan besar Celica baru akan mempertahankan siluet coupe low-slung dari generasi sebelumnya. Diharapkan Celica baru akan menawarkan kemewahan di dalam kabin untuk membedakannya dari jajaran Toyota GR lainnya.

Toyota menjual tujuh generasi Celica antara tahun 1970 dan 2006. Setelah dihentikan, posisinya digantikan oleh GT86 dan GR86.

Selain Celica, rumor juga beredar tentang kembalinya roadster MR2, hot hatch Starlet, dan mobil sport S-FR. Informasi terbaru menunjukkan bahwa mobil-mobil ini mungkin akan menggunakan mesin tiga silinder turbocharged yang lebih kecil dengan kapasitas 1.3 liter dan 1.6 liter, mirip dengan yang digunakan pada GR Yaris dan GR Corolla.

× Image