Home > Komunitas

Angkat Tema Hari Kartini, Wahana Honda Siapkan Kartini Muda Aman Berkendara Motor

Acara ini diikuti oleh 50 wanita, termasuk guru dan siswi dari beberapa SMK

MOTORESTO.ID, TANGERANG -- Melalui acara Seminar Hari Kartini di Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center, Jatake, Tangerang, Banten, pada Rabu (24/4/2024), menampilkan Kartini muda sebagai generasi #Cari_Aman dalam berkendara sepeda motor. Acara ini diikuti oleh 50 wanita, termasuk guru dan siswi dari beberapa SMK yang merupakan binaan PT Astra Honda Motor (AHM) di wilayah tersebut.

Dalam seminar ini, peserta mendapat paparan dari berbagai narasumber. Instruktur Safety Riding PT WMS, Resty Purbaningrum, dan Kepala Subnit 3 unit Kamsel Polres Metro Tangerang Kota, Ipda Desi Susanti, memberikan pengetahuan mengenai pentingnya keselamatan berkendara. Ada juga paparan dari Ahli Kebidanan Rumah Sehat Wahana (RSW) Ida Ayu Putu Irma N.Amd, Keb., SKM, yang membahas kesehatan wanita terkait dengan aktivitas berkendara.

Ipda Desi Susanti menyoroti lima upaya yang dapat dilakukan pengendara motor untuk menghindari kecelakaan, antara lain memahami pergerakan kendaraan, menjaga jarak aman, waspada terhadap kondisi sekitar, menghindari blind spot, dan menghindari gangguan selama berkendara, seperti menggunakan smartphone atau mendengarkan musik terlalu keras.

“Gangguan itu seperti apa? Main smartphone sambil berkendara atau mendengarkan musik terlalu keras menggunakan headset contohnya,” jelasnya.

Resty Purbaningrum juga memaparkan konsep 'The Nuruls' yang berfokus pada langkah-langkah aman saat berbelok naik motor. Konsep ini meliputi nyalakan lampu sein, ubah kecepatan, gunakan rem belakang, ungkap potensi bahaya, lakukan konfirmasi aman, dan selalu matikan lampu sein setelah berbelok.

Head of Safety Riding Promotion PT WMS, Agus Sani, menekankan pentingnya pengetahuan ini terutama bagi peserta yang belum memiliki SIM C.

“Materi yang disampaikan dalam seminar ini memang seluruhnya berupa teori. Tapi, ini penting untuk menambah wawasan cara berperilku aman berkendara di jalan, khususnya saat mengendarai motor. Materi paparan ini juga bisa menjadi bekal bagi mereka yang ingin mengikuti ujian SIM C,” imbuhnya..

× Image