Home > Mobil

Rekor Baru Mobil Listrik Porsche Taycan Turbo di Sirkuit Legendaris

Mobil listrik ini mencatat waktu putaran tercepat di Raceway Laguna Seca dan Nordschleife

MOTORESTO.ID STUTTGART – Pengujian tak resmi namun signifikan telah memunculkan prestasi luar biasa dari Taycan Turbo dengan paket Weissach. Mobil listrik terbaru dari Porsche ini mencatat waktu putaran tercepat untuk mobil produksi seri listrik di Weathertech Raceway Laguna Seca, California, pada 23 Februari 2024.

Dengan waktu putaran 1:27,87 menit, Lars Kern, pembalap pengembangan Porsche, mengungguli rekor sebelumnya dengan mobil listrik yang disetujui untuk penggunaan jalan raya.

Sebelumnya, Taycan Turbo telah membuat sejarah di Nürburgring dengan mencatat waktu putaran yang mengesankan. Kern kembali menjadi pengemudi di belakang prestasi tersebut, dengan menorehkan waktu putaran 7:07,55 menit di Nordschleife.

Kevin Giek, Wakil Presiden Model Line Porsche mengatakan,

“Prestasi di Laguna Seca dan Nordschleife menunjukkan potensi luar biasa yang dimiliki Taycan Turbo. Paket keseluruhan dari mobil ini memang luar biasa, memberikan kombinasi unggul dalam hal akselerasi, pengereman, dan stabilitas yang memukau."

“Taycan Turbo GT adalah mobil Porsche yang dirancang khusus untuk performa di trek. Dilengkapi dengan fitur teknologi canggih, seperti Attack Mode yang memungkinkan dorongan tambahan hingga 120 kW, Taycan Turbo GT memiliki daya dorong yang lebih kuat dari sebelumnya.”

“Selain itu, paket Weissach mengoptimalkan aerodinamika dan ringan konstruksi, meningkatkan kinerja secara keseluruhan”

Dengan rekor-rekor yang baru dicatat, Taycan Turbo GT dan Taycan Turbo GT dengan paket Weissach menetapkan standar baru dalam dunia mobil listrik, menunjukkan bahwa masa depan mobil sport yang berkinerja tinggi telah tiba.

New Taycan Turbo GT. DOK. PORSCHE
New Taycan Turbo GT. DOK. PORSCHE

Tentang The New Taycan Turbo GT

Interior Taycan Turbo GT juga didesain untuk kinerja di trek, dengan fitur-fitur sporty yang mencakup trim kulit hitam dan kursi bucket ringan.

Komponen kunci dalam mengontrol motor listrik adalah inverter pulse, yang pada Taycan Turbo GT memiliki arus maksimum 900 ampere di gandar belakang. Ini memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Rasio transmisi dan ketahanan gearbox juga ditingkatkan, menghasilkan torsi maksimum hingga 1.340 Newton meter. Taycan Turbo GT juga memiliki jangkauan hingga 555 km menurut pengukuran WLTP.

Dengan Launch Control, daya overboost mencapai 760 kW atau bahkan 815 kW selama dua detik, membuat Taycan Turbo GT mempercepat dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,3 detik atau 2,2 detik dengan paket Weissach.

Porsche juga melakukan peningkatan pada konstruksi dan sasis Taycan Turbo GT. Dengan penggunaan komponen karbon dan desain yang lebih ringan, berat mobil telah dikurangi hingga 75 kg dibandingkan dengan model sebelumnya.

× Image