Home > Mobil

Cuaca Tidak Menentu, Begini Pengaruhnya ke Mobil Anda

Pergantian cuaca yang cepat memyebabkan kerusakan bodi dan karat
Body mobil yang kotor apabila tidak cepat dibersihkan dapat memicu karat.     dok Motoresto.id
Body mobil yang kotor apabila tidak cepat dibersihkan dapat memicu karat. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA-- Cuaca tidak menentuk yang dapat berubah dalam waktu cepat dan melanda Jabodetabek dalam beberapa waktu terakhir dapat berakibat buruk bagi kendaraan anda. Hal ini apa bila dibiarkan dapat berakibat buruk pada mobil secara keseluruhan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan pengendara dan juga penumpang.

“Pergantian suhu yang tidak menentu ini tentunya merupakan hal di luar kendali kita semua. Kita pun tidak dapat memprediksi cuaca dengan tepat," kata Head of PR, Marcomm, and Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

Karena itu Asuransi Astra mengingatkan konsumen bagian mana saja dari kendaraan yang terdampak dari perubahan cuaca ini.

1. Bagian dari mobil mengalami kerusakan

Pergantian cuaca yang memicu perubahan suhu tinggi ke rendah hingga sebaliknya secara tiba-tiba dapat menyebabkan kontraksi dan ekspansi pada bagian mobil sehingga mempercepat kerusakan pada bodi mobil seperti karet dan kaca. Karet pada mobil seperti di jendela, kap mesin, dan pintu, jika terkena panas terlalu lama dapat mengeras dan menjadi rapuh serta jika dibiarkan terus menempel.

Contohnya karet pada wiper dapat mengganggu pandangan lantaran sekaan air akibat hujan yang tiba-tiba turun tidak sempurna dan bisa membuat kaca depan mobil menjadi baret. Interior mobil juga dapat kerusakan seperti dasbor mobil mengalami kusam hingga material kulit pada jok dan setir mobil mengalami pecah-pecah dan lama-lama rusak dan mengelupas.

2. Karat pada bodi mobil

Munculnya karat pada mobil tidak boleh dianggap sepele. Karat sendiri merupakan reaksi kimia atau korosi oksidasi suatu logam yang diakibatkan oleh kelembapan dan udara, sehingga lama kelamaan dapat mengakibatkan kerusakan mobil. Pada cuaca dan suhu yang sering berubah, kondisi mobil yang sebelumnya terkena panas dan tiba-tiba terguyur air hujan akan mengalami kelembapan akibat air yang masuk ke dalam celah pada bagian mobil dan menyebabkan karat.

Jika dibiarkan, karat dapat merusak bodi mobil dan menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mobil lainnya. Tentunya, selain merusak estetika namun juga mengganggu perjalananmu. Karena karat yang muncul pada mobil dapat memengaruhi performa mobil dan mempersingkat umur mobil.

Karatan juga dapat menyerang aki mobil akibat suhu yang terlalu panas sehingga menyebabkan cairan aki menguap lebih cepat dari biasanya. Ketika ini terjadi, panas menurunkan komponen interior baterai dan membuatnya lebih mudah berubah dan rusak. Jika terjadi karat pada bagian bawah mobil, dapat mempersingkat umur mobil karena karat dapat merusak struktur dasar mobil.

3. Cat mobil kusam dan mengelupas

Suhu yang tinggi dapat mempercepat kerusakan pada cat mobil seperti kusam karena paparan sinar matahari membuat lapisan cat memudar. Selain itu suhu rendah dan saat hujan terjadi dapat menyebabkan cat mobil mengelupas. Kombinasi pergantian suhu yang tidak menentu ini membuat mobil lebih cepat mengalami kerusakan.

Kedua hal tersebut membuat mobil kesayangan menjadi terlihat tidak terawat dan tidak indah untuk dipandang serta dapat menimbulkan masalah yang lebih serius dan mengurangi performa mobil. Upayakan parkir mobil di area yang tidak langsung terpapar sinar matahari dan tidak meninggalkan mobil dalam keadaan basah terlalu lama.

"Penting juga memastikan bahwa kendaraan diberikan perlindungan asuransi terbaik agar terhindar dari berbagai macam risiko yang merugikan,” Ujar Iwan Pranoto.

Namun perlu diperhatikan kembali bahwa kerugian tidak dapat diklaim apabila termasuk kepada hal yang dikecualikan. Para pemegang polis diharapkan memeriksa kembali polis yang dimiliki, memastikan jenis perlindungannya, dan jika perlu ajukan perluasan jaminan sesuai kebutuhan guna memberikan proteksi lebih pada kendaraan.

× Image