Home > Mobil

Persaingan Mobil Listrik Kian Ketat, Begini Strategi BYD

Banyak merek yang tidak mampu bersaing di pasar akan tersingkir,
BYD SEAL ketika diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu.    dok BYD
BYD SEAL ketika diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu. dok BYD

MOTORESTO.ID, BEIJING--Banyaknya pabrikan yang telah memproduksi kendaraan listrik di Cina telah mendorong persaingan ketat di negeri Tirai Bambu tersebut. Hal ini telah memicu penurunan harga secara signifikan di negara terdapat penduduknya di dunia tersebut.

“Saya pikir ini adalah proses yang tidak dapat dihindari, tetapi mungkin memerlukan waktu dua hingga tiga tahun lagi,” kata Yunfei Li, manajer umum branding dan hubungan masyarakat BYD seperti dikutip CNBC.

Adanya subsidi pemerintah setempat telah membantu meningkatkan penjualan kendaraan listrik dan energi baru lainnya. Apalagi dengan hadirnya perusahaan rintisan yang turut meramaikan pasar otomotif dengan teknologi baru.

“Pada akhirnya, banyak merek yang tidak mampu bersaing di pasar akan tersingkir," kata Li.

Sebagian besar mobil BYD masuk dalam kategori pasar massal. Perusahaan ini tahun lalu meluncurkan merek kelas atas bernama Yangwang, yang SUV U8-nya dijual dengan harga lebih dari 1 juta yuan ($141.000).

Sedan listrik premium BYD, Han, dijual dengan kisaran harga yang sama dengan mobil Tesla —di atas 200.000 yuan ($28.000). Pada kuartal keempat, BYD menjual lebih banyak mobil bertenaga baterai dibandingkan Tesla.

Tahun 2023 merupakan tahun rekor bagi BYD, namun perusahaan kendaraan listrik Tiongkok ini mungkin menganggap tahun 2024 lebih sulit dari sebelumnya. Menurut Yahoo Finance BYD menghadapi pertumbuhan yang lebih lambat di pasar dalam negerinya, sehingga mendorong produsen mobil tersebut untuk memulai usahanya rencana yang berani untuk memperluas ke pasar di luar Tiongkok, termasuk Jepang, Asia Tenggara, dan Eropa.

Produsen mobil Barat khawatir dengan persaingan dari kendaraan listrik China yang terjangkau dari perusahaan seperti BYD, bahkan CEO Tesla Elon Musk mengakui hambatan perdagangan mungkin merupakan satu-satunya hal yang menghalangi perusahaan Tiongkok untuk “menghancurkan” persaingan.

× Image