Home > Mobil

Begini Spesifikasi EV Ultra Mewah Rolls Royce Spectre

Rolls Royce baru saja meluncurkan mobil listrik mewah pertamanya, Rolls Royce Spectre di Indonesia Selasa 4 November lalu

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Rolls Royce baru saja meluncurkan mobil listrik mewah pertamanya, Rolls Royce Spectre di Indonesia Selasa 4 November lalu di Park Hyatt, Jakarta.

Spectre sendiri menjadi mobil elektrik pertama yang dibuat oleh Rolls Royce dan menjadi mobil listrik termewah di dunia. Mengingat Rolls Royce sendiri merupakan pabrikan yang menghasilkan mobil premium ultra mewah yang menawarkan sensasi mobil V12 khas Rolls-Royce

DNA dari sebuah Rolls Royce tetap dipertahankan di mobil ini. Baik dari sisi kekedapan suara hingga kenyamanan dalam kabin. Hanya saja perbedaan mendasar dari Rolls Rocye Spectre ini terletak dari sumber tenaga listrik yang digunakan.

I Made Sujana selaku Sales Manager Rolls-Royce Motor Cars Jakarta menjelaskan,  Spectre ini menggunakan baterai lithium-ion sebesar 102 kWh yang baterainya diproduksi menggunakan 100 % listrik ramah lingkungan. Dengan hal itu, mobil ini mampu berjalan hingga 530 km dalam kondisi baterai penuh. Mereka juga sudah melakukan pengujian pada baterai mobil ini dengan suhu eksterim mulai dari -40°C hingga +50°C.

Kendaraan ini juga memiliki sistem termal on-board untuk menjaga suhu baterai tetap dalam batas normal.

Beterainya sendiri juga mampu mereduksi suara dari luar masuk ke dalam agar kabin tetap lebih senyap dan tenang. Dan menariknya lagi, penggerak elektrik mobil ini sama seperti BMW i7 namun Rolls-Royce mengklaim rasanya akan berbeda dibandingkan dengan BMW i7.

Mobil ini menerapkan sistem All wheel Drive dan All Wheel Steering yang berguna ketika mobil sedang menikung untuk mengurangi radius putarnya mengingat mobil ini memiliki panjang 5.453 mm, lebar 2.080 mm, tinggi 1.559 mm, sumbu roda 3.210 mm, dan bobot 2.975 kg.

Dengan motor listriknya, Spectre dapat menghasilkan tenaga sebesar 577 Hp dengan torsi puncak 900 Nm yang dapat melesat 0-100 kpj dalam waktu 4,5 detik.

"Ini merupakan tonggak sejarah bagi Rolls-Royce dan Spectre yang mewakili masa depan Rolls-Royce, Sebab mobil ini dibangun sebagai Rolls-Royce lebih dulu, barulah dijadikan sebagai electric vehicle" ujar Irene Nikkein, Asia Pacific Regional Director Rolls-Royce Motor Cars

Untuk masalah desain, mobil ini merupakan mobil pertama Rolls Royce yang memiliki grill terbesar yang pernah mereka buat lengkap dengan logo RR dan patung "spirit of ectassy" di kap mobil.

EV Ultra Mewah Rolls Royce Spectre

Dibalut Velg terbesar 23inc dengan logo stabilizer ditengah velg. dan ban Pirelli P-Zero khusus mobil listrik yang berukuran 255/40 R23 dan ban ini juga dapat meredam noise cancellation dari jalan masuk ke kabin.

Walaupun coupe, Spectre masih menawarkan kapasitas 4 orang dengan jok bucket berbahan kulit di kedua baris serta karpet nya yang menggunakan bahan dari bulu domba.

Perihal harga, Rolls-Royce tidak bisa memberikan nominal harga. Sebab Spectre ini bespoke, artinya dapat di kustomisasi baik eksterior dan interior, sehingga harga akan berbeda-beda tergantung keinginan konsumen.

× Image