Home > Umum

Mudik Asik Pakai Mobil Listrik, Jangan Panik...

Pabrikan otomotif terkemuka telah menghadirkan produk kendaraan listrik yang sama nyamannya dengan kendaraan konvensional.

MOTORESTO.ID,JAKARTA --Bepergian keluar kota seperti mudik lebaran dengan menggunakan kendaran listrik kini menjadi pilihan menarik. Selain hemat karena tidak perlu antri isi BBM, kendaraan listrik juga menjadi presitise baru karena belum banyak dilakukan masyarakat.

Kini sejumlah pabrikan telah merilis kendaraan listrik andalan mereka. Seperti Hyundai dengan Ionic 5, MG 4 EV, BMW iX, Wuling Air EV, DFSK Gelora E dan beberapa merek terkemuka lainnya telah meramaikan pasar kendaraan listrik nasional.

Bermodal teknologi canggih yang mereka miliki, sejumlah pabrikan juga berlomba menghadirkan produk yang memiliki kemampuan jarak tempuh yang jauh. Setidaknya kemampuan daya listriknya berkisar antara 300 hingga 500 kilometer sebelum isi ulang baterai.

Karena itu ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sejumlah ruas jalan, khususnya jalur tol trans Jawa dan Sumatera mutlak dibutuhkan. PLN sendiri telah menyanggupi menyediakan 616 SPKLU di 237 lokasi di Sumatera dan Jawa. Tentunya ini kabar positif bagi para pemilik yang berencana memanfaatkan libur lebaran dengan kendaraan listrik.

Tak hanya itu, soal kenyamanan kendaraan listrik tentunya tidak perlu diragukan lagi. Pabrikan otomotif terkemuka telah menghadirkan produk kendaraan listrik yang sama nyamannya dengan kendaraan konvensional.

Ambil contoh seperti MG4 EV yang menggunakan teknologi Rear Wheel Drive sejauh ini. Dimana RWD power-nya sangat mumpuni hingga mencapai 125KW. Dengan power sebesar ini, MG4 EV mampu menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,7 detik.

SUV BMW iX mampu menghasilkan Tenaga 326 hp dengan torsi 630 Nm. SUV premium yang dibanrol seharga Rp 2,3 miliaran ini hanya membutuhkan waktu 6 detik untuk mencapai kecepatan 0 hingga 100 kilometer perjamnya.

Secara tampilan, kendaraan listrik penumpang umumnya bergaya futuristis yang diyakini mampu mengundang perhatian saat melaju di jalan raya. "Desain eksterior serta interior MG4 EV yang kaya akan karakter Brit Dynamic, sejak awal kehadirannya sudah meredefinisi ekspektasi pecinta otomotif tanah air  terhadap mobil listrik," kata Marketing & PR Director MG Motors Indonesia, Arief Syarifudin dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

 

 

× Image